Pendidikan Anak Usia Dini dengan layanan terpadu meliputi Tempat Pengasuhan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), dan Taman Kanak-kanak (TK).

Program Pembelajaran

 

 

Program PAUD Hati Bunda dikembangkan mengacu pada ;

  • PerPres Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif,
  • Permendikbud No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD,
  • Kurikulum pembelajaran sesuai Permendikbud 146 tahun 2014 yaitu Standar Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dengan pendekatan system Sentra dan Lingkaran (BCCT), berdasarkan prinsip-prinsip Kecerdasan Ganda (Multiple Intelegence),
Program Pengembangan Kurikulum di PAUD Hati Bunda dilaksanakan dengan mengembangkan perilaku dan kemampuan dasar yang diterjemahkan kedalam tujuh aspek perkembangan diaplikasikan melalui pengembangan materi pembelajaran sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak berdasarkan usia. Adapun tujuh aspek perkembangan dimaksud adalah sebagai  berikut :
Aspek Nilai Moral dan Agama
Aspek pengembangan nilai-nilai moral dan agama merupakan hal yang sangat mendasar dan akan menjadi fondasi bagi kehidupan anak pada masa dewasanya.
Kemampuan yang ingin dicapai pada aspek ini adalah  melatih anak melalui pembiasaan beribadah dengan cara yang menyenangkan, mencintai Allah dan Rasulullah SAW sejak dini Sehingga akan terwujud perilaku akhlaqul karimah, ikhlas, sabar, jujur dan senang menjalankan perintah agama.

 

Aspek Fisik/Motorik
Aspek ini merupakan aspek pengembangan kemampuan/ keterampilan tubuh termasuk gerakan-gerakan yang mengontrol gerakan halus, gerakan kasar, serta menerima rangsangan melalui panca indera

 

Aspek Bahasa
Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting sehingga anak perlu dilatih sejak dini.
Kemampuan yang ingin dicapai pada aspek ini adalah kemampuan berkomunikasi secara baik, sehingga akan sangat bermanfaat untuk berfikir dan belajar pada masa yang akan datang

 

Aspek Kognitif
Pada aspek pengembangan ini, kemampuan  yang ingin dicapai adalah kemampuan berfikir logis, kritis, memberi alasan, memecahkan masalah dan menemukan hubungan sebab akibat. Kemampuan tersebut dapat dicapai secara baik jika anak dilatih sejak usia dini

 

Aspek Sosial Emosional
Kemampuan mengenal lingkungan alam, lingkungan sosial, menghargai keragaman sosial dan budaya, mampu mengembangkan konsep diri, sikap positif, kontrol diri dan rasa memiliki adalah merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki seorang anak agar dapat hidup berdampingan dalam pergaulan secara luas. Fakta membuktikan bahwa kesuksesan kehidupan seseorang tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan/nilai yang tinggi di sekolah namun lebih banyak ditentukan oleh kecerdasan sosial emosional

 

Aspek Seni
Agar hidup ini terasa lebih indah, maka diperlukan adanya jiwa seni di dalam diri kita. Oleh karenanya, sejak usia dini anak juga perlu dilatih kemampuan dan kepekaan terhadap irama, nada, birama, berbagai bunyi, bertepuk tangan, serta menghargai hasil karya yang kreatif.

 

Aspek Kemandirian
Saat ini, banyak kita temukan anak-anak yang terbiasa dengan kondisi serba cepat, mudah dan enak.  Hampir seluruh kebutuhan hidupnya serba dilayani, dibantu dan disediakan secara berkecukupan. Kondisi ini diciptakan dengan dalih sayang anak, kasihan anak dll. Dampak dari perlakuan ini akan mengakibatkan anak tidak mandiri dan malas malakukan segala hal karena terbiasa dibantu, dan dikasihani. Oleh karena itu, aspek kemandirian perlu memperoleh perhatian yang besar sejak usia dini.

 

Materi Khusus/muatan Lokal

 

Materi Khusus/ muatan lokal (Pendidikan Keagamaan)

 

  • Pengenalan Surat-surat pendek
      • Al fatikhah
      • An Nas
      • Al Ikhlas
      • Al Kautsar
      • Al Falaq
      • Al Ashr
  • Pengenalan bacaan/gerakan wudlu dan sholat
      • Wudlu
      • Adzan
      • Iqomah
      • Do’a Iftitah
      • Ruku’
      • I’tidal
      • Sujud
      • Duduk iftirosy
      • Tasyahud
      • Dzikir
  • Pengenalan hadits-hadits pendek
      • Hadits larangan marah
      • Hadits kasih sayang
      • Hadits kebersihan
      • Hadits senyum
      • Hadits member hadiyah
      • Hadits berbuat baik
  • Pengenalan do’a-do’a pendek
      • Do’a untuk kedua orang tua
      • Do’a kebaikan dunia akhirat
      • Do’a sebelum makan
      • Do’a sesudah makan
      • Do’a sebelum tidur
      • Do’a bangun tidur
      • Do’a masuk masjid
      • Do’a keluar rumah
  • Pengenalan Bahasa Arab
      • Bagian-bagian tubuh
      • Buah-buahan
      • Warna
      • Angka 1-10
      • Binatang
      • Makanan pakaian
  • Pengenalan Bahasa Inggris
      • Bagian-bagian tubuh
      • Buah-buahan
      • Warna
      • Angka 1-10
      • Binatang
      • Makanan
      • Pakaian
  • Pengenalan Asmaul husna

 

 

Pengembangan Potensi Peserta Didik 

 

  • Tari
  • Musik
  • Menggambar/melukis
  • Kepemimpinan
  • Cinta Buku
  • Cinta lingkungan

 

  Pembelajaran Kontekstual 

  • Mengoptimalkan pembelajaran dengan obyek langsung di luar kelas (Learning Outdoor)
  • Kunjungan tematik (Bandara, Museum, kantor pos, Kantor Polisi, Stasiun TV, dll),
  • Outbond dan study wisata,
  • Home Visite,
  • Cooking Class,
  • Aquatic class,
  • Peringatan hari-hari besar Nasional (PHBN),
  • Peringatan Hari-hari Besar Islam (PHBI),
  • Bakti sosial,
  • Pentas Seni dan kreativitas

 

Pemantauan dan pemeriksaan kesehatan berkala

  • Penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan
  • Pemeriksaan THT (telinga hidung tenggorokan)
  • Pemberian Vitamin A
  • Pemeriksaan kesehatan gigi

 

Pemberdayaan Wali Murid melalui kegiatan sekolah Ayah Bunda

  • Program sekolah ayah bunda
  • Pemberdayaan ayah bunda terhadap program sekolah
  • Menjalin silaturahmi dengan ayah bunda dengan kegiatan Outbound / Family Gathering dan Halal Bihalal setiap tahun

Subscribe to Our Newsletter

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Halo Bunda, ada yang bisa dibantu?